Kamis, 04 November 2010

Tips berbelanja di Internet

Maraknya perdagangan yang ada di internet membuat kita lebih mudah untuk melakukan aktivitas kita dalam hal berbelanja, kita tidak perlu lagi untuk pergi ke department store atau toko lainnya untuk membeli barang yang kita inginkan. Begitu banyak barang yang diperjual belikan di internet, kebutuhan rumah tangga, pakaian, makanan, barang elektronik, bahkan barang langka yang sulit kita temui di toko offline dapat kita temui di dunia online ini.
                Begitu banyak situs jual – beli diinternet atau lebih kita kenal dengan sebutan e-commerce, atau ada pulah sebuah forum dan situs jejaring sosial yang digunakan sebagai toko online. Karena dalam situs online kita tidak tahu apa penjual dapat dipercaya atau tidak dan kita tidak tahu barang yang dijual kualitasnya baik atau sudah buruk, maka kita harus berhati-hati agar kita terhindar dari penipuan. Berikut tips untuk kita agar kita tidak terjebak oleh penipu :

  1.   Pastikan situs penjualan tersebut aktif apa tidak, biasanya penjual memasang aplikasi untuk chat, shoutbox atau yahoo messanger, kita bisa melihat apakah penjual online atau tidak. 

  2. Tanyakan secara detail sebelum membeli, kita bisa memanfaatkan aplikasi chat tersebut untuk bertanya kepada penjual, atau hubungi nomor kontak dan email mengenai barang yang akan kita beli, untuk penjual yang serius biasanya nomor kontak akan disertakan dalam situs tersebut, apabila tidak ada respon sebaiknya patut kita waspadai.

  3. Sebaiknya kita melakukan perbandingan dengan toko online atau penjual lain yang menjual barang yang sama dengan yang akan kita beli. Kita bisa menanyakan masalah harga dan kualitas barang.

  4.  Banyak yang bilang, harga ga pernah bohong. Jadi jangan mudah terpengaruh dengan iklan atau penawaran harga yang murah. Walaupun harga barang yang dijual diinternet lebih murah dari toko offline karena dalam toko online tidak perlu membayar pajak bangunan dan sebagainya, tapi harus kita lihat juga apabila harga memang tidak realistis sebaiknya jangan membeli barang itu

  5. Untuk membeli sebuah barang ada baiknya kita meminta gambar atau foto asli barang tersebut.

  6. Utamakan COD (Cash on Delivery) bertemu dengan penjual disuatu tempat yang telah disepakati kedua belah pihak.

  7.  Lihat reputasi penjual apa bisa dipercaya atau tidak, kita bisa lihat testimonial penjual dalam situsnya dari yang sudah pernah membeli dari penjual tersebut.

  8. Baca rule atau aturan yang diberikan oleh penjual bagaimana cara pemesanan dan sebagainya, jangan kita terburu – buru untuk membeli barang tersebut.

  9. Yang terakhir simapan semua aktivitas perjual belian kita dengan penjual, tanggal beli, percakapan kita dengan penjual dan bukti transaksi yang bisa kita gunakan sebagai bukti garansi atau komplain apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

 Yang terpenting kita harus jeli untuk berbelanja diinternet, ikuti langkah – langkah diatas, atau apabila kita tidak masih belum percaya dengan penjual kita bisa menggunakan pihak ketiga Anda mentransfer ke pihak ketiga, kemudian penjual akan mengirimkan barangnya, bila sesuai spesifikasi Uang tersebut dapat diteruskan ke rekening penjual, atau bisa kita kembalikan jika barang yang dibeli tidak sesuai dengan yang kita inginkan, itupun kalau penjual menyediakan jasa pihak ketiga.
Selamat berbelanja diinternet, tidak perlu takut untuk membeli diinternet kalau kita teliti semoga kita tidak kena tipu… Jangan lupa berdoa, semoga transaksi aman dan lancar jaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar